Minggu, 23 November 2008

LOGAM – Melejit dipicu factor deflasi



Harga emas futures di BBJ mengalami peningkatan tajam dipicu perhatian pelaku pasar pada peningkatan harga emas di pasar dunia yang disebabkan focus pada kemungkinan terjadinya deflasi yang membangkitkan minat investor untuk menggenggam emas.

Emas futures kontrak Desember 2008 melejit Rp.9.250/gram atau 3.26% menjadi Rp.292.750/gram setelah pelaku pasar melakukan aksi spekulasi beli ditengah tren menanjaknya harga emas dunia dan katidakmenentuan arah rupiah.

Di pasar emas dunia, emas mengalami lonjakan terbesar dalam satu minggu sejak September, dipicu melorotnya ekonomi dunia yang berpotensi menurunkan harga asset dan mendorong investor untuk memburu emas untuk mempertahankan nilai asetnya. Harga perak dan platinum juga meningkat.

Emas sebagai peraih gain terbesar pada perdagangan akhir minggu kemarin, diantara 19 komoditi yang terangkum dalam CRB index. Resesi telah membuat US,Jepang dan sebagian Negara Eropa, Bank Sentralnya mendorong suku bunga yang lebih rendah dan memompa likuiditas lebih banyak ke system keuangan yang mengakibatkan devaluasi nilai tukarnya.

Harga emas futures kontrak Desember melompat $43 atau 5.8% menjadi $791.80 per ons. Logam ini melejit 6.6% pada minggu lalu, peningkatan terbesar untuk kontrak aktif sejak akhir minggu 19 September.

Perak juga melejit, kontrak Maret melejit 45.6cent atau 5% menjadi $9.505 per ons, sementara platinum Januari melejit $35.60 atau 4.5% menjadi $825.70 per ons.

Tidak ada komentar: