Kamis, 23 Oktober 2008

LOGAM – Terus menurun dipicu keinginan investor untuk memegang cash


LOGAM – Terus menurun dipicu keinginan investor untuk memegang cash

Harga emas mengalami kejatuhan higga sempat menyentuh kelevel dibawah $700 per ons yang merupakan kejadian pertama kali sejak lebih dari 1 tahun dipicu menguatnya dollar US dan turunya harga saham yang membuat investor menjual logam untuk memburu dana cash. S&P Index ditutup turun hingga kelevel terendah semenjak April 2003, atau turun 39% sejak 31 Desember. Pelaku pasar nampaknya sangat concern dengan penguatan dollar US.

Harga emas futures kontrak Desember ditutup turun $20.50 atau 2.8% menjadi $714.70 per ons di Comex. Sebelumnya harga emas sempat menyentuh harga $695.20, yang merupakan harga terendah semenjak 6 September 2007. Aksi short covering membuat harga emas terangkat kembali dari level terendahnya.

Dollar US sudah menguat 3.7% pada minggu ini dibandingkan dengan kumpulan mata uang utama lainnya. Dalam kondisi krisis sekarang ini, para investor cenderung apatis dan tidak ingin melakukan langkah apapun, akan tetapi memegang emas masih cukup baik, mengingat penurunannya relative lebih lambat dibandingkan komoditi yang lain.

Sementara itu harga perak futures untuk kontrak Desember, ditutup menguat 4cent atau 0.4% menjadi $9.50 per ons di NewYork. Harga perak sudah mengalami kejatuhan sebesar 36% pada tahun ini.

Tidak ada komentar: